HE Farras

Farras Belajar dan Berkarya :10/3

Suatu ketika, sahabat lama saya, Lanny Nurani tanya kepada saya bagaimana saya mengenalkan anak-anak pada Sang Pencipta. Saya terhenyak dan berpikir keras menjawabnya. Selama ini kami berjalan natural saja, mengajak dan mencontohkan sholat pada anak-anak, mengajari dan mencontohkan pengucapan kalimat thayyibah, mengajak bershalawat, membacakan buku, mengajar dan mengajak mereka mengaji, dan sesekali berbincang tentang Pencipta alam raya. Tidak terstruktur. Maka ketika ditanya tentang hal tersebut saya bingung menjawabnya. 
Sampai akhirnya terbesit ide untuk lebih teratur membuat jadwal pengenalan Allah melalui Asmaul Husna-Nya yang bagi Farras adalah senandung favoritnya. Meniru ide Rumah Main Anak, saya kemudian membuat draft yang berisi rencana kegiatan Farras selama seminggu yang meliputi kegiatan agama, bahasa, kognitif, motorik halus dan kasar, sensory play, practical life skill, seni, dll. 

Apakah semua jadwal terlaksana? Belum semua dan karena saya tidak memasang target, jadi pelaksanaannya menyesuaikan kondisi. Seperti penghayatan Asma Rahman dan Rahim di tema minggu kemarin, saya merasa belum maksimal dan akan saya perdalam lagi di minggu ini. Untuk aspek lain, pelaksanaannya tidak harus mengikuti jadwal, yang penting semua aspek tercentang.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan tiap hari, seperti aktivitas ibadah, memahamkan nilai-nilai agama, baca buku, dan practical life skill. Sementara kegiatan lain seperti kegiatan yang menyangkut aspek kognitif, sensory olay, seni, dll, bisa dijadwal pada hari-hari tertentu saja. 

1. Aspek agama dan akhlak

Kami membahas Asma Rahman dan Rahim, membahas ungkapan (atau hadis, belum saya cek) “siapa yang menyayangi, maka akan disayangi). Kemudian melanjutkan mengaji iqro, melanjutkan hafalan surat pendek, doa memakai baju dan adabnya, dan kemudian belajar shalawat Nariyah. 

2. Bahasa dan agama

Kami membaca kisah Nabi Adam. Ini terkait juga dengan tema diri sendiri. Selain itu, saya memberikan banyak kesempatan pada Farras untuk latihan membaca dan memhami beberapa kalimat pendek melalui buku apa saja. 

3. Prakarya dan seni

Kegiatan ini disebut Farras dengan kegiatan bikin-bikin. Biasanya kami memanfaatkan barang-barang bekas. Prakarya bisa berupa sesuatu yang berguna atau sesuatu yang bisa dipajang. Farras selalu antusias dengan kegiatan ini. Saya merasakan manfaat dari kegiatan ini adalah sikap produktif Farras. Sering dia berfikir “ayo bikin aja bu!” dibanding “ayo beli!”. Manfaat lain adalah dia lebih primpen menuimpan barang yang sudah tidak terpakai. Dia juga tidak gampang membuang barang rusak yang sekiranya bisa diperbaiki lagi. Minggu ini Farras minta membuat kepiting dari tutup botol. #prakarya #art

4. Bermain lego

Hasil rakitannya semakin komplek dan detil.

5. Melukis di komputer

Yang ini saya tidak tau bagimana awalnya Farras bisa menggambat dan melukis, atau bahkan bisa memakai mouse dengan baik. Saya kaget saat dia dengan mudahnya klik ini-klik itu dan menulis nama kami berempat di sana. Sebenarnya saya belum berkeinginan mengenalkan Farras pada gadget dan komputer sebelum dia bisa menulis, tapi karena dia sudah mencoba dan bisa, saya ikuti saja dia, hanya perlu pengaturan waktu saja. Untuk gadget, Farras tidak banyak tau karena memang kami sendiri membatasi pemakaian gadget bila mereka masih terjaga. Hp kami juga tidak kami beri app permaianan atau yang lain. Jadi baginya hp kami itu tidak menarik. 

6. Sains sederhana

Permainan mengambang-terapung-tenggelam memang sudah lama dia suka. Dia senang sekali bermain ini tiap bertemu air. Kali ini dia penasaran mengapa mobil bisa beda-beda ketika dimasukkan ke dalam air? Ada yang mrngapung dan ada yang tenggelam. Saya katakan karena bahan matetial mobil-mobilan itu berbeda-beda. Ibunya juga masih perlu banyak belajar lagi ini mah. Hehehe.

Leave a Reply

