Institut Ibu Profesional

#NHW 4: Apa Misi Saya?

Terlebih dahulu saya tuliskan perasaan saya menghadapi nice home work kali ini. Jujur saja saya diliputi kegalauan yang luar biasa sebelum akhirnya mengerjakan NHW malam ini. Saya sepenuhnya setuju dengan bu Septi, sumber kegalauan saya adalah “belum terangnya misi hidup saya sebagai individu dan belum tersusunnya misi keluarga sebagai sebuah komunitas terkecil.” Di situlah ujung pangkal permasalahan saya. Meski demikian, saya tetap berusaha mengikuti saran beliau, “just do it,” sambil terus mendalami misi-misi rahasia tersebut. 

Jadi apa yang saya tulis di NHW-NHW sebelumnya? Seperti yang saya tulis, saya masih meraba ketika menulis NHW sebelumnya. Saya baru mengerti ucapan bu Septi “berilah ruh pada NHW Anda,” yaitu pada NHW ke-4 ini. Hasilnya, saya butuh lebih banyak waktu untuk merenung sebelum menulis. Tapi bukan berarti saya mengerjakan NHW sebelumny secara asal-asalan, sekali lagi, itu karena kesadaran saya yang masih tipis. 

Untungnya ada NHW keempat yang bagi saya merupakan suatu kesempatan untuk merevisi NHW sebelumnya. Baiklah, saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan NHW keempat ini.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Untuk pertanyaan ini, jawaban saya masih tetap. Saya memilih tiga bidang ilmu al-Quran (sebagai individu), ilmu rumah tangga (sebagai ibu dan istri), dan ilmu pendidikan (sebagai wujud bakti), ditambah beberapa skill lain yang harus saya kuasai.

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. 

Beberapa cheklist sudah terlaksana, dan ada beberapa yang belum. Saya masih harus belajar dan melaksanakan komitmen ini. 

c.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Pertanyaan ini yang menjadi puncak kegalauan saya. Di NHW 3 saya, saya menjawab bahwa misi saya adalah mendidik dan berbagi. Sementara ini bidang yang saya gemari adalah parenting dan pendidikan secara umum (sesuai dengan jurusan kuliah saya). Maka peran saya adalah educator. Karena sementara ini saya memilih tinggal di rumah, maka aktualisasi passion saya ya anak-anak saya. Dan untuk berbagi pengalaman dan wawasan saya sampaikan melalui tulisan di media sosial. Saya berharap lewat tulisan-tulisan tersebut saya bisa bermanfaat. Setidaknya itu cara yang bisa saya lakukan saat ini.

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 

Pertama tentu saja ilmu parenting dan rumah tangga sebagai materinya. 

Kedua ilmu alatnya adalah ilmu jurnalistik/kepenulisan.

Ketiga, kalau nanti sudah ditemukan jalan untuk mengajar kembali, ilmu yang harus saya kuasai adalah metode pembelajaran dan juga materi-materinya.

e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Yang menjadi prioritas utama saya saat ini adalah kewajiban saya pada diri saya (ilmu Al-Quran) dan peran saya sebagai ibu dan istri. Maka saya memberi waktu dua tahun untuk mendalaminya, meski kedua bidang tersebut tidak akan bisa lepas dalam perjalanan hidup saya, insya Allah.

Untuk misi sosial saya, saya tidak bisa menarget waktunya tergantung situasi. Untuk saat ini peran sosial yang bisa saya lakukan adalah berbagi lewat media online. 

Soal kemandirian atau produktifitas, karena kami membuka usaha di rumah, saya juga memilih tinggal di rumah, ditambah suami yang berencana mengajar kembali, yang harus saya kuasai saat ini adalah menguasai beberapa skill terkait usaha percetakan kami. Itu harus dicapai dalam waktu satu-dua bulan ini.

f. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Noted. Dan akhirnya

Lakukan, lakukan, dan lakukan!

One thought on “#NHW 4: Apa Misi Saya?

Leave a Reply

