Review

Buku Baru Telah Datang

Set Juz ‘Amma for Kids kini menjadi penghuni baru di rak buku Farras-Fawwaz. Alhamdulillah, meski sudah tinggal di kampung kami masih bisa membeli buku-buku bagus. Tidak harus pergi ke toko buku untuk membelinya karena toko buku online kini sangat banyak pilihannya.

Juz ‘Amma ini saya pesan lewat sahabat baik saya yang sedang merintis usaha toko buku online dan offline di rumahnya. Setelah beberapa kali membeli variasi Juz ‘Amma, buku inilah yang menurut saya pas untuk dibacakan ke Farras. 

Buku ini diawali dengan ringkasan surat yang terkadang berisi asbabun nuzul surat tersebut, kemudian isi surat, terjemah dan ilustrasi. Farras yang mulai menghafal surat-surat pendek sangat suka dibacain buku ini. Sayangnya, ada beberapa ilustrasi yang terkesan tidak nyambung dengan maksud surat. Saya sendiri bisa memahami kelemahan tersebut karena memang tidak semua ayat bisa diilustrasikan.

Jadi jadwal membaca habis maghrib Farras sekarang bertambah. Diawali dengan Iqro, membaca abjad, membaca Juz ‘Amma, dan hadith (saat ini saya pakai buku Komik Muslim Cilik-nya mbak DK Wardhani). Kok banyak sekali? Apa Farras betah? Alhamdulillah, Farras (dan juga adiknya) betah berlama-lama kalau dibacakan buku. Kadang-kadang dia minta ditambahkan membaca Atlas Al-Quran (kisah Nabi-nabi).

Buku lain yang juga datang di bulan ini adalah paket dari tulisan Mbak DK Wardhani dan Mbak Watiek. Saya sangat suka dari paket buku ini. 

Mbak Dini dengan konsern beliau pada cinta alam menulis banyak buku tentang alam, dua di antaranya Sahabat Bumi dan Komik Muslim Cilik Sayangi Bumi. Saya yang tidak pernah suka sama komik baru kali ini menikmati komik. Saya tidak berlebihan bila mengatakan bahwa komik ini adalah komik terbaik yang pernah saya jumpai. Kelebihan lain dari paket buku-buku ini adalah ilustrasi. Sungguh, ilustrasi buku-buku ini membuat buku menjadi hidup. Saya yang sudah emak-emak saja betah membaca buku ini apalagi kedua krucil yang memang cinta buku. 

Sahabat Bumi berisi cerita-cerita inspiratif yang bisa kita contoh untuk merawat bumi. Idenya sederhana, seperti menanam tanaman gantung, panen hujan, dll. Lagi-lagi saya katakan bahwa ilustrasi buku ini jempolan, apalagi ilustrasi cat air Mbak Dini. Saya seperti melihat pemandangan asli yang indah.

Sementara Kumpulan Cerita Anak Kreatif berisi ide-ide kreatif yang inspiratif. Anak-anak perlu dibangkitkan daya imaji dan kreatifnya, dan salah satunya bisa melalui contoh-contoh di buku ini. Buku ini karya mbak Watiek, salah satu penulis buku anak terbaik yang dimiliki negeri ini.

Nah, Komik Muslim Cilik Sayangi Bumi ini yang menjadi favorit saya. Komik ini berisi satu hadis yang kemudian dijelaskan secara apik oleh mbak Dini dan diilustrasikan dengan gambar yang sangat menarik. Bagi yang mengikuti mbak Dini di fb, tentu akan familiar dengan postingan-postingan beliau tentang merawat bumi, cinta alam, dan juga natural journey yang semuanya inspiratif. Nah salah satu postingan beliau adalah kjmpulan hadis tentang mencintai alam raya yang diuanggah dengan ilustrasi yang bagus beberapa waktu lalu. Nah, inilah versi lengkap dari postingan-postingan tersebut. Buku ini menjadi buku pegangan saya untuk mengakrabkan Farras (dan saya tentunya) dengan hadis-hadis Sang Nabi tercinta. 

Anda tertatik? Selamat berburu!

Leave a Reply

