Institut Ibu Profesional

#NHW 5: Bagaimana Saya Belajar?

Tugas kali ini membawa saya mundur sepuluh tahun ke belakang, saat saya belajar PAI di IIQ. Untuk mata kuliah teknis seperti pengembangan kurikulum, desain kurikulum, dll, saya memang lulus dengan nilai pas-pasan. Dan di kuliah ini saya bertemu lagi dengan tugas pembuatan desain pembelajaran. Bedanya, desain ini adalah desain khas a la saya, unik untuk saya, dan bisa jadi berbeda dengan desain pada umumnya.

Kalau melihat beberapa model desain, bisa disimpulkan bahwa komponen utama desain pembelajaran adalah tujuan, subyek, analisis, strategi, dan evaluasi. Baiklah saya mulai dari tujuan.

Tujuan belajar saya adalah profesionalisme. Seperti pada NHW 1, saya ingin profesional sebagai individu, ibu dan istri, dan anggota masyarakat. Inilah tujuan umum dari pembelajaran saya. Adapun tujuan khususnya adalah, pertama, (sebagai individu) saya ingin menjaga amanah yang saya tetapkan pada diri saya. Kedua, (sebagai ibu dan istri), saya ingin menguasai kualifikasi yang disebut sebagai bunda sayang dan bunda cekatan, plus bunda produktif. Ketiga, (sebagai anggota masyarakat), saya ingin mempraktikkan teori bunda shalihah.

Di sini, subyeknya adalah saya sendiri yang mempunyai karakteristik mempunyai keingingin tahuan yang tinggi. Bila rasa itu datang pada suatu bidang, saya akan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh sampai pada tingkat maksimal. Saya juga mempunyai tingkat anlisis yang tajam (terutama pada bidang yang saya suka). Dan saya suka menulis. 

Maka langkah selanjutnya adalah analisis pembelajaran, yaitu saya telah dan akan terus menganalisis topik atau materi apa saja yang harus saya pelajari. Sesuai dengan tujuan, maka materi yang saya pilih adalah ilmu Al-Quran, ilmu kerumahtanggaan (parenting, manajemen rumah tangga, keperempuanan, kesehatan umum, dll), dan ilmu kependidikan (terutama filsafat pendidikan).

Strategi yang saya lakukan adalah dengan meguru lagi (nunggu bisa membawa motor sendiri) dan ngaji lagi. Untuk ilmu kerumah tanggaan, strategi saya adalah belajar melalui buku, kuliah-kuliah online, dan mengamati kehidupan sekitar. Saya mengumpulkan materi-materi itu dalam bentuk hard copy, membacanya, menganalisis, dan meresume ulang sesuai pemahaman saya. Hasil analisis saya saya tuliskan di blog, itung-itung sebagai langkah awal menebar kemanfaatan saya (bunda shalihah) bagi sesama melalui tulisan, itu kalau tulisan saya dinilai bermanfaat. Untuk ilmu kependidikan, saat ini saya pending dulu karena peran domestik saya yang masih dominan pilihan saya.

Nah, dalam evaluasi, saya belum pernah secara khusus melaksakannya. Tapi cek list yang pernah saya buat di NHW 2 cukup membantu saya dalam mengevaluasi perjalanan belajar saya di universitas kehidupan ini. 

Leave a Reply

