HE Farras

Farras, Main Yuk! Bag. 1

Postingan kali ini berisi beberapa kegiatan kami membuat prakarya, yang dalam istilah Farras kegiatan ini namanya bikin-bikin. Ada beberapa buku yang menjadi inspirasi bikin-bikin kami, salah satunya Ensiklopedi Bocah Muslim: Main, Yuk!

Farras sangat berbinar saat saya ajak bikin-bikin. Seringnya Farras yang minta ditemenin bikin-bikin. Kalau awal-awal bikin, semua saya yang buat dan Farras hanya melihat. Tapi lama-kelamaan dia terlibat dalam pembuatan.

Dalam hal ini, saya merasakan beberapa manfaat kegiatan ini. Pertama, Farras lebih imajinatif. Seperti tadi saat dia menemukan dua karet gelang di acara resepsi sepupu. Dia bawa pulang dan katanya mau dibuat kacamata. Kedua, Farras lebih menghargai barang. Ketika ada tutup botol, dia akan mengambil dan menyimpannya. “Untuk bikin-bikin,” katanya. Memang jadi seperti nyampahsih, tapi selama tidak kotor, saya sanggupi saja. Ketiga, produktif, insya Allah. “Kalau bisa bikin, nggak usah beli-beli ya bu.” Siiip, biar ibunya cepet kaya. Hehehe. Setidaknya tiga manfaat itu yang sudah saya rasakan. 

1. Membuat perahu Indonesia

Ini adalah kegiatan melipat kertas. Aktivitas ini bermanfaat untuk perkembangan motorik halus dan dari sisi seni, kegiatan ini juga melatih kreatifitas dan kerapian. Selain perahu, Farras juga belajar membuat pesawat, kodok, bunga, dll.

2. Membuat pohon keluarga

Dulu pernah membuat pohon keluarga tapi lebih sederhana. Sekarang Farras sudah bisa membaca. Jadi ibu membuat pohon dan nama-nama anggota keluarga dan Farras yang menempelkaspn nama-nama tersebut setelah ibu mendiktenya. Nama paling bawah adalah nama Farras dan adiknya, Fawwaz.

3. Membuat kepiting dan kura-kura

Kalau di buku EBM, bahan yang digunakan adalah kerang. Karena kami jauh dari pesisir dan tidak mendapatkan kerang, kerang kami ganti dengan tutup botol dan botol bagian bawah. Ibu yang menghunting kertas dan Farras yang menempelnya dengan lem lilin. Bagus kan?

4. Bermain maze

Ini adalah permainan yang sangat disukai Farras. Akhirnya ibu membuat maze sederhana dari stik es krim. Sekarang tidak pake stik lagi karena sudah banyak maze yanglebih rumit di buku-buku tugas Farras. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s