Institut Ibu Profesional

#NHW 7: Menelusuri Bakat

Seperti kata Bu Septi, yang tau tentang diri kita ya kita sendiri. Alat semacam tes bakat atau tes kepribadian, dll, hanya alat bantu deteksi. 

Saya sendiri menyadari bahwa dunia saya adalah dunia pendidikan dan penulisan. Saya menelusuri jejak-jejak perjalanan saya ternyata memang berkutat di kedua bidang itu. Mengajar, menjadi editor, menjadi redaktur, menulis buku, itulah pekerjaan dan profesi yang pernah saya lalui, selain aktif berorganisasi. Maka ketika melakukan tes temu bakat, hasilnya tidak jauh dari kedua bidang tersebut. 

Saat ini saya memang tidak lagi beraktivitas di luar sebagaimana dulu. Tapi sedapat mungkin kedua bidang tersebut terus saya asah. Saya menjadikan kedua anak saya sebagai “pelampiasan” kekuatan dan potensi saya dalam hal pendidikan dan pengajaran. Sementara untuk potensi administrator (sebagai kelanjutan dari aktivitas organisasi saya dulu, saya menjadikan diri saya sebagai manager keuangan di usaha kami. Untuk dunia jurnalisme, saya berusaha terus meng”ajeg”kan diri untuk menulis di blog. 

Dari refleksi tes tersebut saya juga menyadari bahwa kelemahan saya ada di bidang marketing. Bila dibuat kuadran suka-tidak suka, bisa-tidak bisa, maka hasilnya adalah:

1. Bisa dan Suka

  • Mengajar
  • Menulis
  • Mengatur

2. Bisa tapi tidak suka

  • Rapi-rapi
  • Beres-beres

3. Tidak bisa tapi suka

  • Kerajinan tangan (menjahit, menyulam, merajut)
  • Masak kue
  • Programing

4. Tidak bisa dan tidak suka

  • Marketer

Setelah memahami kekuatan dan kelemahan saya secara terperinci melalui tes tersebut, langkah yang akan saya lakukan adalah memperkuat kekuatan saya hingga saya “ahli” di bidang tersebut. Bagi saya sebenarnya hal tersebut hal mudah karena saya menyukainya. Untuk menutupi kelemahan saya di bidang marketing, saya membagi tugas tersebut kepada suami karena dunia kami juga wiraswasta yang mau tidak mau berhibungan dengan marketing. Di sinilah lagi-lagi komitmen pada kekonsistenan adalah kuncinya.

Leave a Reply

