Institut Ibu Profesional

#NHW 8: Produktif

Di sesi inilah mulai terlihat titik terang ke arah mana tujuan belajar ini bermuara. Produktif. Kalau materi-materi sebelumnya berkutat pada pembenahan diri, baik sebagai individu maupun sebagai ibu dan istri, maka materi ke-8 melangkah kepada misi hidup kita sebagai bagian dari masyarakat. 
Maka yang menjadi tolak ukur dalam penetapan misi hidup adalah hal yang kita SUKA dan BISA pada NHW sebelumnya. Saya sudah menulis bahwa hal yang saya SUKA dan BISA adalah mengajar, menulis, dan mengatur. Untuk NHW ini saya lebih spesifik pada bidang tulis-menulis atau jurnalistik karena bidang itulah yang paling memungkinkan saya jalankan saat ini. 

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah:

  • Ingin menjadi apa? Penulis
  • Ingin melakukan apa? Menulis buku tentang passion saya
  • Ingin memiliki apa? Karya tulis


Langkah selanjutnya adalah menetapkan waktu. 

  • Jangka panjang, saya ingin produktif menulis. Kalau saat ini saya lebih banyak memberi fokus pada dunia anak, saya ingin mempunyai karya di dunia anak. Kalau nantinya saya kembali mengajar, saya ingin juga menulis karya di bidang mengajar saya.
  • Jangka menengah, antara 5-10 tahun (strategic plan), minimal satu buku tersusun rapi.
  • Jangka pendek (new year resolution), menulis di blog minimal satu hari satu tulisan. 


Amiiiin.

Leave a Reply

