Institut Ibu Profesional · Review

[Review] Bunda Sayang

#ODOPfor99days #day6

Setelah mengikuti program matrikulasi Institut Ibu Profesional yang merupakan pintu masuk dan peta perjalanan menuju ibu profesional, saya menjadi tau arah di mana kaki harus melangkah. Terima kasih banyakbatas didikannya bu Septi (maaf, belum bikin tulisan tentang matrikulasi).

Jadi pintu pertama yang harus dilalui adalah ilmu bunda sayang. Itu adalah ilmu tentang dasar-dasar mendidik anak. Beberapa buku parenting sudah saya baca. Namun karena belum punya peta yang jelas, bacaan-bacaan saja menjadi campur aduk, tumpang tindih, dan terkadang membingungkan. Nah, di sinilah peran matrikulasi menjadi titik penting perjalanan belajar saya menjadi ibu yang lebih baik lagi. 

Di sini dibahas 12 hal yang musti dikuasai seorang ibu ketika membersamai tumbuh kembang anak-anaknya. 

  1. Tentang komunikasi produktif
  2. Memandu kemandirian anak
  3. Melejitkan kecerdasan spiritual
  4. Mengenal gaya belajar anak
  5. Mendidik anak suka membaca dan menulis
  6. Pendidikan matematika
  7. Semua anak adalah bintang
  8. Pendidikan spiritual
  9. Memacu kreativitas
  10. Pendidikan karakter
  11. Pendidikan seks
  12. Keluarga multimedia

Sebagaimana peran matrikulasi yang bagi saya adalah sebuah peta, maka buku Bunda Sayang ini juga peta turunan dari materi-materi matrikulasi IIP bagian pertama (dari 9 materi). Dari sub bab yang dibahas jelas terlihat hal-hal apa saja yang seharusnya diperankan seorang ibu untuk anak-anaknya. Saya kira 12 hal di atas sudah mewakili kebutuhan pendidikan anak untuk menjalani kehidupannya di masa dewasa. 

Karena bersifat sebagai penunjuk arah atau peta, pembahasan tentang ke-12 hal tersebut juga lebih bersifat pengantar. Anda bisa mendalami masing-masing materi di buku-buku lain yang lebih mendalam. Seperti untuk bahasan komunikasi produktif, Anda bisa lebih dalam mempelajari buku Amazing Parenting karya Rani Razak Noe’man. Atau buku yang disusun oleh Yayasan Kita dan Buah Hati yang membahas pendidikan seksual, dll. Meski bersifat pengantar, hal tersebut tidak mengirangi pentingnya buku ini. Bahkan buku ini menjadi penting karena sifatnya yang memetakan. 

Saya sendiri merasakan manfaat setelah membaca buku ini, yaitu semakin terarahnya langkah belajar saya di bidang parenting. Saya juga bisa memetakan pengetahuan yang sudah saya peroleh dan bisa membuatnya lebih terstruktur. Contohnya, saya jadi tau bahwa buku Amazing Parenting yang saya baca beberapa tahun lalu adalah bagian dari pembelajaran komunikasi produktif. Dari buku ini juga saya tau bagian mana yang masih harus saya pelajari, bagian mana yang harus lebih saya perdalam, dan bagian mana yang bisa saya delegasikan. 

Jadi, perjalanan menjadi ibu yang profesional itu masih panjang kawan! 🙂

Leave a Reply

