Institut Ibu Profesional

[Game#1.1] Observasi dan Empati

#ODOPfor99days2017 #day9

Saya sedang belajar di Kelas Bunda Sayang dan di sana ada semacam tantangan yang harus saya hadapi. Tantangan pertama ini terjadi secara natural. Tadi sore saat Fawwaz (2yo) rewel karena baru bangun setelah ashar, si abah mengaja dia dan kakaknya memberi makan udang di kolam kami. Rewelnya pun teralihkan. Tapi tidak lama kemudian mereka bertiga pulang dan Fawwaz menangis dengan kencang. Saya yang saat itu sedang menyelesaikan beberapa pekerjaan tentu saja merasa terganggu. Saya ingin pekerjaan-pekerjaan itu segera selesai fan saya bisa istirahat. Dengan kepala yang pening karena seharian berada di depan komputer dan gadget, saya hampir saja meledak seperti mercon endegar tangisan Fawwaz.

Tahan, tarik nafas, dan kemudian membaca ta’awudz. Saya pangku dia, saya biarkan dia menangis di pangkuan saya sambil saya menyelesaikan pekerjaan yang tinggal sedikit. 

Pekerjaan usai tapi Fawwaz menangis. Kata kakaknya, Fawwaz minta menangkap ikan. Tapi yang muncul bukan ikan, melajnkan udang. Saya mulai memberikan observasi dan empati.

“Adik sekarang diam dulu ya, ibu mau tanya. Adik sedih ya?”

Dia mengangguk.

“Kenapa? Nggak dapat ikan ya?”

Dia kembali mengangguk. Sang kakak menyahut, “ini mau maghrib dek. Ikannya mau bobok.”

Beberapa saat kemudian, tangisnya pun reda. Saya kembali tanya ke Faewaz.

“Adik tadi sedih ya.”

“Iya, edih.”

“Kenapa adik sedih?”

“Iwake bubuk. Ga (ke)luar. Adik (m)au iwak.”

Oooo…..

Jadi sebenarnya kita hanya butuh sedikit jeda agar komunikasi kita kepada anak (dan siapa saja) menjadi lebih sehat dan positif.

#hari1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

