Institut Ibu Profesional

[Game #1.4] Mengenali Emosi

#ODOPfor99days2017 #day16

Yang biasa saya tanyakan saat anak-anak menangis adalah perasaan mereka. Untuk si bungsu yang belum begitu lancar bicara, saya tanya dengan memberikan clue. “Adek sedih?” “Adek marah?” “Adek kecewa?”

Karena sudah terbiasa, maka sulung pun sudah terlatih untuk mengenali emosinya. Kalau sudah ada tanda-tanda akan terjadi sesuatu rerhadap emosinya, dia akan menyampaikannya, meski terjadang sambil menangis.

“Aku itu marah sama adek, mainanku direbut semua oleh dia.”

“Ibu, aku kecewa sama ibu, tiap ditanya di mana mainan, jawabannya pasti nggak tau.”

“Ibu, ibu denger aku nggak? Aku maunya didengerin.”

Hah! Kalimatnya jelas, hanya mungkin perlu diperhalus. Lagi-lagi, kami, orang tuanyalah yang harus mulai memberinya contoh. 

Komunikasi seperti ini membuat saya sebagai ibunya jadi mengerti apa yang dirasakannya. Jadi saya tidak perlu menebak-nebak atau mengira-ngira. Kesalahpahaman juga bisa diminimalisir dengan ekspresi yang jelas ini. Mungkin bagi kita yang terbiasa dengan gaya komunikasi tradisional, gaya pemgungkapan emosi ini agak ganjil dan tabu, di mana orang tua jaman dulu lebih mengutamakan ketaatan anak. Pokoknya anak harus taat, tidak boleh membantah. Saya sempat merasakan itu dan saya sebagai anak tidak merasa nyaman saat itu.

Itulah yang ingin saya dan suami rubah. Banyak mendengar, seikit instruksi, dan mari berpikir bersama! Itulah prinsipnya.

Tadi siang, saat sulung pulang sekolah, dia menghampiri saya.

“Ibu… aku pulang. Aku tadi merusak mainan di sekolahan. Tapi aku sangat lelah. Jangan tanya-tanya dulu ya. Aku capek.”

Oke. Beberapa saat kemudian saya menemukannya sudah tertidur di kamar setelah melepas seragamnya. 

#hari4
#tantangan10hari

#komunikasiproduktif 

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

