Institut Ibu Profesional

[Game #1.7] Menuju Our FoR &FoE

Saya dan suami memang mempunyai hubungan kekerabatan yang dekat. Ibu dan emak adalah sepupu. Meskipun demikian, pola pikir kami banyak yang berbeda karena saya dan suami adalah individu yang memiliki latar belakang yang berbeda. Frame of reference dan frame of experience kamilah yang menjadi pangkal perbedaannya.

Kalau di rumah saya dulu, ubu hampir tidak pernah berurusan dengan kompor rusak, pisau tumpul, baju sobek, dan sampai kini ibu tidak pernah yang namanya mengganti tabung gas di kompor lpg. Semuanya pekerjaan itu adalah tugas abah. Ibu taunya memasak, pisau sudah tajam, baju-baju yang koyak sedikit sudah rertambal, dan gas sudah terpasang. Berbeda sekali dengan kondisi di rumah ini. Saya melihat emak begitu tangkas memasang tiang jemuran, menyemen lantai, membuat kandang, dan pekerjaan-pekerjaan kasar lainnya. Saat saya tanya kenapa emak sendirk yang mengerjakannya, emak menjawab bahwa abah sudah begitu sibuk di sawah.

Nah, saya yang dibesarkan dengan cara ibu dan abah sementara suami dibesarkan dengan cara emak dan abah yang begitu patriarkal. Awal-awal pernikahan banyak hal yang membuat saya bingung. Namun wakt banyak memberi kami pelajaran dan akhirnya kamj memounyai FoR dan FoE kami sendiri. 

Maka saat-saat penyapihan si adek yang kami lalui hari-hari ini, saya meminta suami untuk membantu. “Tolong bantu untuk menyapih adik ya. Terutama saat-saat jam tidurnya adik. Kita pernah berhasil menyapih Farras dengan cinta, ayo sekarang kita terapkan cara itu.”

Dan di sinilah saat ini kami sama-sama berjuang untuk itu.

#harike7

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

