Institut Ibu Profesional

[Game #1.9] Komunikasi Gaya Baru vs Gaya Lama

#ODOPfor99daya2017 #day22

Farras bangun agak telat pagi ini. Tapi saat dibangunkan dia tidak cemberut, tidak pake malas, dan langsung menuju ke kamar mandi. Keluar dari kamar mandi, embahnya menyapa.

“Baru bangun. Semalam disuruh tidur malah becanda sih. Makanya, kalau disuruh tidur langsung tidur, biar bangunnya bisa lebih pagi.”

Komunikasi khas orang tua jaman dulu. Saya dulu juga sering mendengar kalimat seperti itu dari ibu saya. Saya ingat kalau saat dikatain begitu saya tidak suka. Karena saya sebenarnya ingin bangun lebih pagi dan tidak buru-buru.

Saya yang mendengar ucapan tersebut langsung mengalihkan pembicaraan agar Farras tidak terlalu memikirkannya. 

“Eh, hari ini Farras ingat nggak harus bawa apa kata bu guru kemarin?”

“Pohon pisang ya?”

“Eh, masa pohonnya sih?”

“Bukan ding. Itu loh, tulang daun pisang.”

Ya, moodnya sudah berganti. Saya merasa ucapan mbahnya barusan tidak menjadi pikirannya. Dia pun kemudian bergegas memakai setagam, makan, memakai kaos kaki dan sepatu dengan segera karena dia melihat jam dinding yang sudah menunjukkan lukul 7.30. 

“Ibu, ayo cepet! Nanti sekolahnya terlambat. Kan kita harus beli tusuk satenya dulu kata ibu mah.”

Di atas motor dengan nada yang lebih santai, saya mencoba menebak apa yang sebenarnya terjadi.

“Kenapa kok bangunnya lama banget tadi? Masih ngantuk ya?”

“Iya bu. Semalam lama nggak bisa bobok. Boboknya lama (terlambat, maksudnya). Jadi paginy aku masih ngantuk sekali.”

“Eh, sekarang masih ngantuk juga?”

“Iya bu.”

“Nanti di sekolahan ngantuk nggak?”

“Nggak domg, kan nanti di sekolah mau bikin-bikin prakarya.”

Satu tantangan komunikasi terlalui dengn baik hari ini.

#hari9

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

