Institut Ibu Profesional

[Game #1.10] Empati

Karena ingin menunjukkan sesuatu pada saya, Fawwaz lari, tersandung, dan jatuh. Menangis pastinya. Respon saya, kalem karena saya melihat tangisannya biasa (bukan tangisan yang menyayat) dan tidak ada luka serius di kakinya.

Saya teringat dengan tetangga saya sewaktu di Lampung dulu. Setiap cucunya jatuh, si nenek ini selalu saja mengumpat. 

“Syukurin. Meleng sih.”

“Makanya jalan pake mata!”

“Kapok! Emang enak?”

Atau menyalahkan kakaknya yang sedang bersama si adek yang jatuh.

“Heh kamu! Bisa nggak sih jagain adekmu? Udah gede tetap aja kaya anak kecil.”

Setiap mendengar kata-kata sang nenek, hati saya teriris membayangkan saya berada di posisi anak-anak itu. Anak mana sih yang sengaja mau menjatuhkan diri? Atau kakak mana sih yang tega membiarkan adeknya kesakitan? Itu yang ada di pikiran saya. Maka setiap kali anak jatuh, yang saya lakukan adalah bersikap kalem (kalau lukanya tidak serius dan tangisannya tidak menyayat. Untuk jenis-jenis tangisan anak-anak, saya sudah hafal betul perbedaannya). Saya juga tidak akan menyalahkan siapapun atas jatuhnya anak, apa itu kakaknya (kalaupun kakak bersalah, saya akan mengajaknya bicara, tapi saat dia sendiri, tidak di depan adeknya), apalagi menyalahkan benda-benda di sekitar anak jatuh.

Setelah itu saya tanya, bagian tubuh mana yang sakit, perlu diobati atau hanya ditiup ibu saja (anak-anak percaya, tiupan ibu bisa meredakan rasa sakit), dan saya minta untuk tenang. Dan anak-anak tidak pernah menangis lama karena jatuh.

#hari10

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s