HE Farras · Institut Ibu Profesional

[Game #2.2] Standar Pagi Farras-1

Kemandirian pertama yang ingin kami tegakkan pada sulung kami, Farras (4 tahun 9 bulan) adalah mandirimelakukan standar pagi. Namanya memng tunggal, hanya standar pagi. Tapi cakupan standar pagi ini lumyan banyak, yaitu

  • Bangun sendiri
  • Sholat (latihan disiplin waktu)
  • Mandi
  • Berpakaian
  • Sarapan
  • Berseragam (baju, celana, sepatu dan kaus kaki)
  • Merapikan rambut

Sebenarnya melatih Farras mandiri dalam standar pagi ini sudah cukup lama. Hanya saja saya belum me-list aneka rinciannya. Karenanya saya dan suami sering tidak konsisten. Kadangkala hanya mandi saja yang berhasil dicapai Farraa, di lain hari hanya makannya saja yang dolakukannya secara mandiri, atau yang lain. 

Karenanya saya merasa bersyukur sekali dengan adanya tantangan ganme kelas Bunda Sayang yang kedua ini karena tidak sekedar melakukan tantangan, tapi kami pun diminta mencatat progressnya.

Oke, game #2 ini dimulai pada hari Kamis pagi. Farras sejak bangun sudah rewel. Ini bukan kebiasaannya. Dia bahkan tidak mau sekolah. Dalam situasi ini saya mencoba semaksimal mungkin untuk berkomuniksi produktif. Saya dengan tenang mencoba menggali apa yang terjadi. Capek dan kakinya sakit, katanya. Maka sebelum dia makan, saya memijit bagian tubuh yang dikeluhkannya. 

Bangun dan mandi sudah terlaksana. Keluhan capek juga sudah teratasi. Saya pun tanya ke dia apa lagi yang harus dikerjakannya? Makan, berseragam, memakai kaos kaki dan sepatu, dan merapikan rambut. Karena masih ada sedikit kecemberutan, maka untuk hari ini saya yang mengambilkannya sarapan kemudian saya tinggal mandi.

“Setelah ibu mandi, harus sudah siap ya nak!”

Dan tepat pukul 7.15 dia sudah berseragam dengan rapi. 

Catatan:

Yang masih harus diperbaiki adalah bangun pagi, mengambil sarapan sendiri, dan senyum di pagi hari.

#Level2

#MelatihKemandirian

#KuliahBunSayIIP

#ODOPfor99days 2017 #day31

Leave a Reply

