HE Farras · HE Fawwaz · Institut Ibu Profesional

[Game #2.1] Prolog

Baiklah, minggu ini kelas Bunda Sayang beranjak ke tema berikutnya, yaitu Melatih Kemandirian Anak. Saya sangat bersemangat karena memang sedang bergiat melakukannya. 

Bagi saya, menguasai kemandirian itu sama pentingnya dengan belajar, beribadah, dan perbuatan penting lainnya. Kenapa? Karena mandiri menjadi dasar dari hal-hal tersebut. Tidak ada guna rajin belajar kalau setelah belajar buku dibiarkan berserakan. Tidak ada guna rajin ibadah kalau urusan kebersihan sendiri tidak diperhatikan. Begitu seterusnya. Karena itulah, saya menganggap penting untuk melatih kemandirian anak sejak dini sesuai tingkat perkembangan anak.

Dalam hal ini, saya sangat suka quote dari Pak Dodik, “lebih baik berpeluh keringat saat latihan daripada berdarah-darah ketika berperang.” Jadi, tidak apa saat ini bersusah-susah daripada nanti berpayah-payah. 

Game ini berdurasi satu bulan dengan indikator satu minggu satu kemandirian. Jadi selama satu bulan ini kami harus membuat list yang berisi kemandirian apa yang akan dilatihkan ke anak-anak. Berikut ini list untuk Farras dan Fawwaz (prioritas berdasarkan urutan nomor)

Karena game ini adalah semacam nice home work a la IIP, maka kami diharuskan membuat laporan progress pelaksanaan latihan. Laporan wajib yang harus ditulis hanya 10 hari. Dalam laporan tersebut saya akan menuliskan progress, hambatan, dan juga faktor pendukung yang mengiringi proses latihan. Kebayang keseruannya kan?

Bismillah. 

#level2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

#ODOPfor99days2017 #day30

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s