Institut Ibu Profesional · Perjalanan

Launching IIP Kota Lamongan dan Sekitarnya

Akhirnya, setelah hampir empat bulan direncanakan, hari launching komunitas Ibu Profesional Kota Lamongan dan sekitarnya (Tuban dan Bojonegoro) tiba. Rasanya lega sekali saat acara berjalan dengan lancar. Acara yang dimulai dengan perkenalan anggota, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang Membangun Portofolio Anak oleh penulis buku Portofolio Anak sekaligus fasilitator kelas matrikulasi IIP Jatim Selatan-Lamongan batch#2 mbak Andita A. Aryoko bersama suaminya.

Komunitas ini bermula dari obrolan ringan saya dengan sahabat sepanjang masa saya Lailatun Nisfah saat saya masih di Lampung. Saya mengajaknya untuk bikin sesuatu yang bisa kita jalani bersama anak dan bermanfaat. Maka beberapa bulan setelah saya benar-benar menetap di Lamongan, yang kebetulan juga IIP membuka kelas matrikulasi batch#2, saya mengajaknya mengikuti kelas tersebut dan mengumpulkan beberapa kenalan kami di sebuah grup WA. Ada sekitar 30 nama terkumpul, namun tidak lebih dari 10 orang yang bersedia mengikuti kelas matrikulasi. Setelah dinyatakan lulus kelas matrikulasi dan berlanjut ke kelas Bunda Sayang, IIP kembali membuka kelas matrikulasi batch #3 yang ternyata peserta dari kabupaten Lamongan lumayan banyak, ada 13 orang. 

Dari situlah ide yang lama tertunda ingin segera kami realisasikan. Kopdar dan launching itulah ide sederhananya. Setidaknya, keakraban kami selama matrikulasi di grup WA itu bisa terjalin erat dengan bertatap muka. 

Adapun tema membangun Portofolio Anak kami pilih itu karena alasan sederhana. Penulis buku Portofolio Anak adalah fasilitator member kami di batch#2, jadi mereka pastinya sudah akrab meskipun hanyak bersilaturrahmi melalui WA. Alasan kedua, portofolio anak adalah salah satu jalan mengenali fitrah bakat anak yang diharapkan bisa membantu orang tua menemani anak sampai pada misi spesifik hidupnya. Ini sangat IIP sekali. Jadi tema tersebut masih dalam lingkup kurikulum IIP. 

Saya tidak sendiri dalam merencanakan dan merealisasikan acara ini. Ada suami yang sangat mendukung di setiap langkah saya. Ah, Pak Su Masrodhi Abdul Hamid tanpamu apa jadinya aku? Tidak sekedar dukungan moril yang diberikan. Suami juga terlibat langsung, mulai dari pembuatan banner, pemasangan, sampai hal-hal yang terkecil pun diperhatikan. Sahabat sepanjang masa saya yang tidak pernah terpisah mbak Nishfah juga tidak kalah besar perannya di acara ini maupun di komunitas IIP secara umum. Kami punya peran masing-masing sesuai dengan kepribadian kami, saya tipe pencetus ide dan dia berperan sebagai penyalur ide ke teman-teman yang lain. Selalu begitu. Satu lagi orang yang banyak berperan adalah ibu paling hebat di antara kami semua, bu Ismi Novianti, ibu lima anak yang ber-LDR dengan suami tapi masih sempat mengurus terlaksananya acara ini. Ibu lincah dengan tenaga dan semangat yang sungguh luar biasa. 

Maka terima kasih saya ucapkan kepada semua anggota dan ibu-ibu serta bapak-bapak yang sudah hadir di acara ini. Terima kasih juga untuk Faruq Chan dan team yang telah bersedia menjadi relawan penjaga anak-anak dengan berbagai inovasi kreativitasnya. Terima kasih yang sebanyak-banyaknya juga kami sampaikan kepada mbak Andita dan suami beserta si kecil Andisya yang telah bersedia jauh-jauh dari Pandaan untuk berbagi ilmu kepada kami. Kami mohon maaf bila banyak kekurangan baik dalam pelayanan, fasilitas, dan lainnya.

One thought on “Launching IIP Kota Lamongan dan Sekitarnya

Leave a Reply

