Institut Ibu Profesional

[Game 2.3] Cheklist Kemandirian Anak

Sesuai dengan instruksi perkuliahan Bunda Sayang materi #2 Melatih Kemandirian Anak, kemandirian yang dilatihkan adalah one week one skill. Maka fokus saya untuk dua balita saya adalah sebagi berikut:

Saya tegas ke Farras tentang standar pagi ini. Sebenarnya latihan standar pagi ini sudah saya mulai sejak dia masuk sekolah, tetapi masih banyak maju mundurnya. Dengan game materi #2 ini saya seperti mendapatkan momentum yang tepat dan benar dengan menegaskan serta menguji kekonsistenan saya. 

Meski begitu, ada hari yang membuat saya gagal berkomunikasi produktif, yaitu saat Farras terlena dengan TV di pagi hari. Standar pagi memang dikerjakannya, tapi setelah ceramah panjang lebar dari saya. Ini catatan penting bagi kami berdua. Setelah pagi itu, kami membuat kesepakatan bahwa tidak ada TV menyala di pagi hari kecuali hari libur. Farras pun setuju. Kami berpelukan setelah terjadi perang.

Untuk Fawwaz, mengungkapkan ekspresi yang tepat di sini adalah tidak merengek, tidak meminta dengan menangis, juga tidak dengan berteriak. Seru sekali saya bermain game ini. Jadi ketika dia mulai merengek, saya katakan padanya, “ayo! Bagaimana ngomong bagusnya?”

“Ibu, olong, adek mau mimik anyu.” Tentu saja lucu sekali mendengar ucapannya itu. Setiap kali mendengar rengekan, saya selalu mengingatkan untuk bicara yang bagus. Setelah berhasil bicara tanpa rengekan, tangisan, dan teriakan, maka dia saya hadiahi kata-kata “yess!” dengan kepalan tangan. Baginya itu sudah merupajan apresiasi yang tinggi karena saya melihatnya cukup bahagia setelah kami sama-sama mengucapkan  “yess!”

Anak-anak, tidak banyak materi kami limpahkan ke kalian. Hanya kemampuan-kemampuan sederhana ini yang bisa kami latihkan. Semoga in menjadi bekal yang tepat untuk kehidupan kalian.

#leve2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

#ODOPfor99days2017 #day33

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s