Institut Ibu Profesional

[Game 2.4] Cheklist Minggu ke-2

Satu minggu melatih kemandirian sudah berlalu. Si mas, Farras 4 tahun 10 bulan bisa dikatakan lulus dalam aktivitas standar pagi. Saya hanya kebagian membangunkan, menyiapkan makan, dan menata rambutnya. Selanjutnya semua dia kerjakan sendiri sampai berangkat ke sekolah. 

Untuk Fawwaz, masih butuh perjuangan agar dia bisa menyampaikan ekspresi dengan tepat, tanpa rengekan, tangisan, dan teriakan. Tapi latihan bisa dikatakan membuahkan hasil. 

Untuk minggu ini, saya menetapkan jenis kegiatan baru sambil terus berusaha konsisten dengan aktivitas yang suda dilatihkan minggu sebelumnya.

Sama dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan yang akan dilatihkan ini sebenarnya sudah cukup lama saya latihkan. Kalau tidak salah ingat, Farras sudah saya latih beristinjak sendiri sejak satu bulan lalu, sementara Fawwaz sudah saya lepas pospaknya sejak lebaran tahun lalu (sekitar 7 bulan). Untuk Farras sampai saat ini saya masih mendampingi dia beristinjak, hanya untuk memastikan dia beristinjak dengan benar. 

Nah, PR besar sebenarnya pada toilet training Fawwaz. Ini masih butuh komitmen yang kuat untuk melatihnya. Urusan ngompol sudah beres. Untuk BAK di siang dan malam hari ini yang masih bolong-bolong. Sementara untuk BAB yang masih PR besar bagi saya. Semoga latihan seminggu ini membuahkan hasil.

#Level2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

#ODOPfor99days2017 #day34

Leave a Reply

