Institut Ibu Profesional

Naskah Pernyataan Misi

Karena ada suatu yang harus saya jelaskan tentang manajemen waktu pada kelas matrikulasi batch #3 IIP, saya membuka lagi buku dan binder pelatihan yang pernah saya ikuti 11 tahun lalu. Pelatihan itu adalah training kepemudaan tentang 7 Habits-nya Stephen R. Covey yang ditujukan untuk organisasi kepemudaan. Waktu itu saya mewakili Kornas Kohati (Koordinator Nasional Korp HMI Wati) bersama sahabat saya Kasman yang mewakili PB HMI. 

Saat membuka-buka catatan itulah saya menemukan naskah pernyataan misi hidup yang saya buat saat itu. 

Jujur, saya lupa dengan naskah itu. Karenanya, saat saya mengikuti kelas matrikulasi IIP dan harua mengerjakan NHW tentang misi hidup ini, saya sempat merasa galau. Saya sempat memikirkan tentang apa misi hidup saya, memikirkannya berulang-ulang, merenung, dan baru ngeh menjelang deadline penyetoran NHW. Andai saya ingatt tentang misi hidup yang sudah pernah saya buat, pasti saya tidak akan merasakan kebingungan. 

Ternyata, apa yang saya tulis 11 tahun lalu masih senafas dengan apa yang saya tulis dua bulan lalu. Misi saya adalah mendidik. Tidak jauh dari itu dan bergerak di seputar itu. Apa yang saya lakukan saat ini, yaitu merintis dan mengkoordinir IIP Lamongan adalah perwujudan misi hidup yang saya tulis 11 tahun lalu. 

Bahkan setelah saya pikir-pikir, jalan hidup yang sudah saya lalui ternyata tidak jauh-jauh dari misi yang sudah saya tulis. Saya pernah menjadi guru TK, menjadi redaktur, menjadi guru TPQ, menulis, dan lain-lain. Ah, benar kan apa kata bu Septi, lakukan saja apa yang kita yakini, tidak mengapa bila kita tidak faham, nanti kita akan difahamkan, insya Allah. 

Leave a Reply

