HE Farras · HE Fawwaz

[JIP #4] Bermain dan Belajar di Alam

Saat masih di kota dulu, saya merindukan suasana kampung yang alami. Saya ingin anak-anak saya bisa bebas berpetualang di alam seperti si Bolang. Alhamdulillah, Allah Mahabaik yang memutar takdir kami hingga seperti ini, menjalani hidup dan membesarkan anak di kampung setelah 13 tahun saya dan suami merantau di kota.

Awalnya tidak mudah mengajak anak-anak menikmati suasana alam karena sedikit banyak anak-anak telah akrab dengan suasana kota. Farras dulu bahkan risih kalau kakinya terkena embun yang menempel si rumput sawah. Fawwaz apalagi, turun dari gendongan saja enggan. Tapi lama-kelamaan anak-anak yang sudah dibisakan ke sawah dan tambak mulai terbiasa dengan alam bebas. Apalagi pada musim ikan begini, anak-anak yang suka dengan air seperti menemukan surga bermain mereka.

Tiap dikasih tau kalau mbah-mbahnya bakal panen ikan (merek, njolo, dll), anak-anak antuasias sekali. Mereka rela jalan kaki tanpa sandal demi mencapai tambak. Tiba di tambak mereka akan langsung loncat, bermain air dan juga ikan. 

Saya senang karena akhirnya anak-anak bisa menjadi anak kampung yang sebenarnya dan tidak lagi merasa jijik dengan lumpur, dengan basah-basahan, juga dengan alam bebas. Dengan begitu anak-anak akan memperoleh pengalaman dan wawasan yang lebih daripada sekedar membaca dan wawasan di sekolah. 

Misalnya pagi ini Farras menanyakan apa itu embun? Siapa yang memberikan embun? Bagaimana cara Allah menurunkan embun? Kenapa embun pagi itu sejuk dan dingin? Wah, saya saja belum pernah mengkaji embun, anak ini sudah begitu canggihnya menanyakan soal embun yang mengenai kaki-kaki kecilnya saat melangkah.

Sementara Fawwaz saat ikut turun ke tambak dan memilah ikan, ada saja yang ditanyakan. Iki iwak opo? Iwak Jaer? Iwak Bandeng? Udang? Iwak Combo (sobpmbro/ikan mas? Iwak Lele? Iwak lujung? Iwak tekek? Iwak betik? Iwak keting? Waw…begitu banyak kosa kata tentang jenis-jenis ikan yang sudah dia tau. 
Bagi saya, ini jauh lebih berharga dibanding hanya mengenalkan mereka pada alam melalui buku. Merasakan tentu jauh lebih baik dari sekedar mengetahui, bukan?

#JurnalIbuPembelajar

#Portofolio.FBE.Farras(4tahun10bulan)

#Portofolio.FBE.Fawwaz(2tahun1bulan)

#Fitrahiman

#FitrahBelajar

#Day4to7day

#ODOPfor99days #day43

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s