HE Fawwaz

[JIP #5] Kodok di Pinggir Kali

Entah bagaimana ceritanya, setiap ditanya apa isi perutnya, Fawwaz menjawab “kodok.” Lucu juga apalagi diikuti mimik mukanya yang khas. Karena terus-menerus menjawab “kodok,” akhirnya saya ambilkan buku Seri Metamorfosis tentang Katak. 

Dia menolak saya pegangkan bukunya. Jadi dibuka sendiri buku itu dan terus memperhatikan gambar-gambarnya. Saya pun mengajaknya menyanyikan lagu “Ada Kodok,” salah satu lagu yang menemani masa kecil saya dulu. 

Hanya tiga kali saya nyanyikan, Fawwaz langsung menghafalnya. Maka saya manfaat daya hafalnya itu untuk bermain kata.

Ada kodok, di pinggir……

Mencari……

Setiap……

Saya memintanya melanjutkan lirik tersebut. Fawwaz tidak langsung bisa meneruskan, tetapi dia pikir-pikir dulu. Artinya, hafalan dia tidak sekedar membeo, tapi dinalar terlebih dahulu. 

Di sini saya bisa melihat salah satu kelebihan Fawwaz adalah kemampuan bahasanya yang cukup baik untuk anak seusianya. Hal lain adalah kelebihan dia dalam mengingat. Ingatan Fawwaz sangat tajam. Satu lagi, nalar berpikirnya sudah mulai jalan. Seperti ketika dia bisa membedakan mana yang lebih tepat antara “kodok di pinggir kali,” atau “kodok di pinggir hari.”

Itulah sekilas cerita kegiatan Fawwaz hari ini.

#JurnalIbuPembelajar

#Portofolio.FBE.Fawwaz(2tahun1bulan)

#Fitrahbelajar

#Day5to7days

#ODOPfor99days2017

Leave a Reply

