Institut Ibu Profesional

[Game#2.10] Penutup Game Level 2

Minggu ketiga ini kami masih fokus melatih Farras-Fawwaz kemampuan kemandirian sesuai usia mereka. Farras masih dengan standar sore, Fawwaz masih dengan toilet training, berekspresi yang tepat, dan sekarang membuang sampah pada tempatnya.

Untuk Farras masih mulus, hanya ada satu dua kendala yang tak berarti. Tantangan yang sesungguhnya ada pada Fawwaz. Untuk pengungkapan ekspresi yang tepat Fawwaz banyak mengalami kemajuan. Tentu tantangan tidak berhenti pada 10 hari karena latihan kemandirian adalah proses panjang yang kemudian akan menjadi kebiasaan, dan karakter. 

Toilet training Fawwaz juga sudah masuk 100% untuk BAK dan 25 % untuk BAB. Saya belum menemukan pola yang tepat untuk melatihnya. Tapi malam ini saya diberinya kejutan saat dia menyatakan rasa ingin BAB dan akhirnya berhasil tanpa insiden. 

Saya percaya sepenuhnya bahwa latihan kemandirian ini sangat berguna. Karenanya saya dan suami benar-benar bersungguh-sungguh dalam hal ini. Ini adalah perjalanan panjang, tidak cukul hanya dilatihkan dalam sekian hari atau dicatat dalam 10 hari. Tapi 10 hari ini bagi saya tetap berarti.

#Level2

#LatihanKemandirian

#KuliahBunSayIIP

Leave a Reply

