Institut Ibu Profesional

[Game #3.2] Menganyam Kertas

Awalnya projek yang akan kami lakukan adalah adab menjenguk orang sakit karena saat ini mbah buleknya anak-anak sedang sakit. Tujuannya adalah untuk menanamkan adab menjenguk orang sakit. Rencana kegiatan pun sudah saya susun dan sampaikan ke anak-anak, yaitu:

  • Menyiapkan buah tangan (dikerjakan oleh Farras dengan membeli roti dan susu ke toko sebelah. Saya membekali kertas belanja)
  • Membekali mereka dengan adab menjenguk orang sakit (tidak berisik dan berlaku sopan selama bertamu, mendoakan mbah bulek biar cepat sembuh)

Tapi rupanya mood anak-anak sedang kacau saat kegiatan dimulai. Acara rebutan mainan antara Farras dan Fawwaz pun terjadi. Keduanya sempat menangis sesaat sebelum berangkat ke rumah mbah bulek. Saya pun menyudahi projek tersebut.

Baru setelah pulang dan sampai di rumah, emosi Farras sudah membaik. Sayangnya si adek tidur, abah sedang di tambak, mbah putri bersiap ke mushala, dan mbah abah juga sedang di tambak. Jadilah saya dan Farras yang berada di rumah. Saat itulah saya bilang ke Farras bagaimana kalau kita bikin-bikin?

Tentu saja Farras tidak menolak karena acara bikin-bikin adalah aktivitas favoritnya. Segera dia menagmbil buku Rumah Main Anak dan memilih aktivitas yang ingin dikerjakannya. Dia memilih menganyam kertas. Ini memang aktivitas biasa, tapi kali ini saya menjadikannya sebagai projek dengan Farras yang memimpin projeknya.

Karena dia pimpinannya, maka dia yang menginstruksi. Dan beginilah pembagian tugasnya:

  • Farras :
  1.  Menyiapkan bahan, seperti kertas bufallo dua warna, penggaris, cutter, gunting, lem, spidol.
  2. Menggambar gajah yang akan dibuatkan baju anyaman.
  • Ibu
  1. Menggunting kertas dan membuat bahan anyaman
  2. Finishing

Tujuan projek ini adalah untuk melatih motorik halus Farras, melatih ketelitian dan konsentrasi, dan tujuan berkreasi.

Ukuran keberhasilan adalah bila Farras bisa melakukan tugas-tugasnya.

Waktu yang dibutuhkan adalah antara 30-60 menit.

Alhamdulillah, setelah saya menjalankan tugas saya, Farras pun enjoy mengerjakan projeknya, tanpa keluhan, tertawa-tawa, sementara saya mengerjakan order cetakan. Ini memang projek sederhana, tapi insya Allah Farras sudah mulai faham dengan tanggung jawab dan tugas serta pembagian tugas dalam projek.

#TantanganHari2

#Level3

#MyFamilyMyTeam

#KuliahBunSayIIP

Leave a Reply

