Institut Ibu Profesional

[Game #3.3] Menghadiri Ultah Abiyu

Jujur saja, aktivitas projek keluarga adalah hal yang baru bagi saya dan keluarga saya. Saya mesti berjalan merambat selambat kura-kura untuk membiasakannya. Karena itulah untuk pelaksanaan materi #3 Bunda Sayang ini sengaja saya memilih projek-projek sederhana dengan durask waktu singkat. Baru pada level ini pemahaman saya. “Lakukan saja, nanti Allah akan memahamkan,” itulah mantra ajaib dari Bu Septi yang selalu saya pegang di tengah-tengah ketidakpahaman saya.

Projek kali ini adalah “Menghadiri Ulang Tahun Abiyu.”

Abiyu adalah salah satu teman Farras di TK. Pagi tadi dia membagikan undangan ulang tahunnya yang ke-5 di rumahnya jam 13.30. Farras yang sudah bisa membaca dan sedikit memahami tentang undangan ulang tahun segera berujar,

“Nanti kita kasih kado ya buat Abiyu.”

“Oke! Tapi semuanya mas yang kerjain ya, nanti dibantu ibu dan adek.”

“Jadi apa aja yang harus disiapkan? Kado, bungkus kado, tulisan, apa lagi ya” dia berfikir keras.

Maka sepulang sekolah Farras langaung mengeksekusi projek dengan membagi tugas.

Farras

  • Memilih kado, kertas kado, membuat tulisan selamat

Adek

  • Membantu menyiapkan, mengambilkan gunting, kardus bekas kopyah, dan isolatip

Ibu

  • Membungkus kado

Abah

  • Dokumentasi

Farras memutuskan memilih baju kemeja sebagai kadonya. Warnanya pun dia yang memilih. Kebetulan semua perlengkapan kado sudah ada di kios kami, jadi Farras dibantu adik tinggal ambil dan mengumpulkannya menjadi satu. Ucapan selamat sempat diketik sendiri oleh Farras yang sudah bisa mengetik dj komputer. Tapi karena listrik sempat mati, dia kemudian meutuskan menulisnya dengan pena dan kertas. Semua ditulisnya sendiri tanpa saya dikte atau saya benarkan.

Setelah semua siap, ibu membungkusnya. Sayang foto hasil bungkusan tidak sempat diambil. Setelah selesai, jam 13.45 kami berangkat. Agak telat memang karena hujan deras.

Akhirnya projek berhasil. Farras terlihat puas. Ada rasa percaya diri karena beberapa keputusan saya serahkan kepadanya. 

Tujuan dari projek ini adalah untuk belajar berbagi, memberikan hadiah yang baik, dan belajar merencanakan serta mengambil keputusan sendiri.

Untuk adek, tujuan projek ini adalah untuk !engenalkan konsep berbagi, membantu saudara, dan juga mengenalkan beberapa kosa kata baru.

Durasi pelaksanaan projek ini adalah 30-60 menit.

#TantanganHari3

#Level3

#KuliahBunSayIIP

#MyFamilyMyTeam

Leave a Reply

