Review

[Review]: Oase Al-Quran

Buku yang saya baca minggu ini adalah Oase Al-Qur’an karya guru saya Pak Ahsin Sakho Muhammad. Selama saya jadi mahasiswa IIQ, beliau menjabar sebagai rektornya. Bahkan untuk beberapa tahun beliau sempat tinggal di lingkungan asrama kami. 

Tadinya saya tidak berniat membuat review buku Oase Al-Qur’an karena buku ini bersifat reflektif. Di dalamnya ada 100 pesan yang disarankan dibaca perhari, 1 pesan 1 hari. Saya pun berniat melaksanakan itu, jadi saya ingin menulis satu pesan tersebut bersama refleksi saya.

Tapi setelah membaca keseluruhan isi buku, saya ingin menuliskan review secara umum, di samping refleksi saya pada tiap-tiap bahasan. Review ini semaca pengantar bagi pembaca atau calon pembaca buku ini. 

Yang pertama adalah tentang sosok penulis buku Oase Al-Qur’an. Ini bersifat individual sekali, semacam kesan saya kepada beliau. Beliau adalah salah satu pakar ilmu qiraat di Indonesia. Dulu saat kuliah, beliau mengajar qiraat sab’ah saat saya berada di semester atas. Beliau memang cerdas, maka Ustadz Fathoni (pakar Rasm ‘Utsmani yang juga dosen kami) menyebutnya sebagai dosen berotak keju. “Sementara kita ini, saya dan Anda adalah manusia-manusia berotak singkong. Jadi jangan heran kalau beliau (Pak Ahsin) mengajar Anda-Anda dengan kecepatan super, sesuai kecepatan otaknya.” Benar saja, beliau memabg mengajar dengan cepat. Jangankan mengantuk, meleng sedikit saja penjelasan beliau akan terlewat. Maka untuk mata kuliah beliau, kami dulu mempunyai kelas belajar di asrama, yaitu kelas untuk mengulang pembahasan beliau. Meskipun begitu, beliau adalah orang yang sangat santun, hampir tidak pernah marah, lembut, dan tegas. Untuk kepakaran beliau, tidak ada yang meragukan keilmuan beliau dalam ilmu-ilmu Al-Qur’an.

Kedua tentang buku. Buku ini berisi 100 oase yang merupakan pesan penting Al-Qur’an untuk orang mukmin. Tapi jangan dibayangkan buku ini semacam tafsir karena yang disampaikan penulis adalah intisari dan ayat penting kemudian beliau jelaskan secara singkat makna ayat tersebut. Bagi saya ini semacam buku kunci ayat Al-Qur’an atau indeks dengan tema khusus. 

Tidak itu saja, buku ini juga dilengkapi dengan quote yang sangat mencerahkan, aplikatif terutama tentang tuntunan hidup bersama L-Qur’an.

Buku ini cocok untuk segala lapisan masyarakat muslim. Untuk kalangan awam, buku ini bisa langsung diserap maksudnya dengan mudah karena bahasanya yang sederhana. Untuk kalangan intelektual, khatib, penceramah, buku ini pasti sangat membantu sebagai buku petunjuk untuk bahan ceramah dan khutbah jum’at dengan ditambah kitab tafsir sebagai penjelasannya. Untuk para pendidik, lebih-lebih orang tua yang seyogyanya menjadi guru utama bagi anak-anaknya, buku ini sangat membantu pendidikan agama, akhlak, aqidah, dan juga muamalah.

Akhirnya, selamat membaca dan selamat menyelami oase Al-Qur’an dari buku ini! 

Leave a Reply

