Institut Ibu Profesional

[Game #3.12] Merapikan Pembukuan

Saya termasuk orang yang rapi dalam pembukuan keuangan. Dulu saat di pesantren, tiga tahun saya dipercaya menjadi bendahara pondok putri dan catatan saya rapi. Ketika mengajar dulu pun saya dipercaya membawa dan mencatat keuangan TPA. Maka saat menikah dan suami mempercayakan keuangan rumah tangga kepada saya sepenuhnya, saya pun rajin mencatatnya.

Kebiasaan tersebut terus saya lakukan. Ada buku khusus yang saya pakai dalam pencatatan ini. Sampai akhirnya kami pindah ke kampung dan memulai usaha baru di sini, saya pun tetap mencatatnya. Karena unit usaha kami ada tiga, catatan keuangan saya pun lumayan ribet. Ada keuangan percetakan, keuangan jual-beli ATK, dan baju. Untuk baju, keuangannya jelas. ATK, kami sepakat untuk satu tahun ini kami tidak mengambil untung. Keuntungan penjualan akan terus diputar buat modal.

Nah untuk percetakan ini yang lumayan ribet karena bisa dikatakan keuangan percetakan adalah dapur kami. Kami memakainya untuk segala hal, termasuk untuk urusan dapur, kondangan, infaq, dan kebutuhan sehari-hari. Saya mencatatnya sejak awal sampai akhirnya saya berhenti di bulan Desember tahun lalu. 

Karena kami merasa keuangan acak-acakan, tadi selepas Isya’ saat makan mie ayam bersama, suami mulai membicarakan tentang catatan keuangan ini. Maka jadilah proyek keluarga kami selanjutnya adalah pencatatan keuangan keluarga. Timnya adalah saya dan suami.

Tugas-tugasnya adalah :

  • Saya –> manager keuangan
  1. Mencatat pemasukan dan pengeluaran tiap unit usaha di buku yang berbeda.
  2. Mengatur pengeluaran menjadi pengeluaran wajib (belanja harian, nabung, infaq, untuk ibu), pengeluaran tak terduga (kebutuhan sakit, sumbangan kondangan, sumbangan lainnya).
  • Suami –> kepala perusahaan 
  1. Memantau
  2. Mengaudit

Jadi mulai malam ini saya lakukan tugas tersebut. Mari kita lihat hasilnya dalam sebulan ini!

#TantanganHari11

#Level3

#KuliahBunSayIIP

#MyFamilyMyTeam

Leave a Reply

