Institut Ibu Profesional

[Game #3.13] Membuat Perahu Gabus

Proyek hari ini adalah membuat permainan yang diinspirasi oleh buku Rumah Main Anak 2, yaitu membuat perahu gabus. Sebagai pimpinan proyek, Farras sudah menyiapkan gabus yang diperolehnya di pinggir jalan. Diankemudian me-list kebutuhan pembuatan perahu, yang terdiri dari :

  • Gabus
  • Air berwarna biru
  • Kertas untuk bendera
  • Tusuk gigi

Tugas ibu adalah menyiapkan bahan-bahan tersebut. Kemudian Farras, dibantu ibu, dan diamati oleh Fawwaz mengeksekusi perahu gabus. 

Ini memang prakarya sederhana, seperti prakarya-prakarya sebelumnya yang pernah kami buat bersama. Yang membedakan kegiatan ini dari kegiatan-kegiatan sebelumnya adalah adanya tim dan pembagian tugas yang jelas. Manfaatnya apa? Manfaatnya adalah untuk memberikan kepercayaan dan tanggung jawab bagi anggota tim.

Adapun manfaat dari proyek permainan ini sendiri adalah belajar sains sederhana tentang konsep mengapung, tenggelam, perahu, angin, dan air berwarna. 

Setelah jadi, perahun ini kemudian dilepaskan ke lautan berwarna biru. Karena wadah air sempit, perahu pun dipindahkan oleh mereka ke samudra yang lebih luas, di ember tampungan air hujan.

#TantanganHari12

#Level3

#KuliahBunSayIIP

#MyFamilyMyTeam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s