Institut Ibu Profesional

[Game #4.2] Gaya Belajar Orang Tua

Sebelum mengamati gaya belajar anak-anak, terlebih dahulu kami harus mengamati diri kami sendiri terlebih dahulu. Saya percaya sedikit banyak gaya belajar dan juga semangat anak-anak dalam belajar dipengaruhi orang tuanya.

Tapi saya sendiri sebenarnya tidak terlalu peduli dengan nama dari suatu gaya belajar. Saya juga tidak terlalu mempermasalahkan nama-nama tersebut. Yang pasti, selama ini saya enjoy dengan gaya belajar saya. Gaya belajar saya tidak pernah dipermasalahkan baik oleh orang tua maupun guru-guru di sekolah dulu.

Saya pembaca buku yang baik. Saya suka mencatat. Lebih senang mendengar sambil melihat si penceramah daripada hanya mendengarnya saja. Kelihatannya saya adalah tipe visual yang baik. Dan nampaknya gaya saya ini menurun ke sulung.

Sedangkan suami saya lebih cenderung ke pendengar yang baik. Maka setiap beli buku, dia selalu bilang kalau saya kebagian yang baca dan dia siap mendengar dongengan saya. Hehehe. Jadi jangan minta dia membaca buku secara konsisten dan penuh waktu karena itu bukan gayanya. Jadi, suami saya nampaknya lebih bergaya auditor yang baik.

Lalu apakah suami saya tidak pernah membaca?  Tentu saja bukan begitu. Dia suka membaca artikel pendek dari bidang yang disukainya. Tapi bila dibandingkan prosentasenya, kecenderungan auditory lebih dominan daripada visual. 

Nah, bungsu saya rupanya memiliki gabungan gaya kami, visual dan auditory, bahkan kinestetik sekaligus. Mari kita amati gaya anak-anak dalam belajar di hari berikitnya!

#tantangan10hari

#level4

#gayabelajaranak

#kuliahbunsayiip

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s