Institut Ibu Profesional

[Game #4.6] Gaya Lain Si Sulung

Saat sibuk di dapur, saya disodori kertas ini oleh sulung. Oya, sulung saya bulan depan usianya 5 tahun. Gambar itu dibuatnya pake komputer. Dia bikin sendiri kemudian mencetaknya sendiri.

Banyak kemampuan yang harus dikuasai untuk menghasilkan gambar tersebut. Pertama pastinya menguasai dasar-dasar ilmu komputer, seperti menyala-matikan komputer, bisa mengoperasikan mouse, bisa cara mengetik, bisa menggambar di komputer (termasuk di dalamnya menyusun berbagai bentuk), kemudian kemampuan untuk mencetak (memasukkan kertas, cara ngeprint, dan menyimpan karya). 

Kemampuan kedua yaitu bisa baca tulis. Kalau untuk kemampuan membaca, saya memang mengajarinya. Kalau kemampuan menulis, dia belajar sendiri dari bacaan-bacaan.

Kemampuan ketiga, yaitu imajinasi. Ini yang mahal sebenarnya. Saya sengaja membiarkan dia melakukan apa saja sepanjang harinya. Pastinya rumah dan kios jadi berantakan. Semua itu hasil coba-coba dia dalam bikin-bikin. 

Saya mengamati gaya belajarnya masih kuat di gaya visual. Dia bisa membuat gambar tersebut dari hasil pengamatannya dan juga contoh yang diajarkan abahnya ke dia. Kami pun merasa belum pernah mengajarinya ngeprint, tapi nyatanya dia mengamati cara kami melakukannya. 

Sekian pengamatan hari ini, kita tunggu hasil pengamatan esok hari!

#Tantangan10Hari

#Level4

#Harike6

#KuliahBundaSayangIIP

#GayaBelajarAnak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s