Perjalanan

Saya Pernah

Saya pernah tinggal bersama sanak keluarga yang gajinya dua puluh juta perbulan. Saya pun pernah bertemu dan berinteraksi baik dengan seorang yang penghasilannya dua puluh ribu perhari. Itu pun tidak pasti.

Saya pernah makan di restoran yang satu porsinya seratus lima puluh ribu rupiah. Saya pun pernah (dan sering) menyantap nasi uduk seharga tiga ribu rupiah. 

Saya pernah di puncak menara dengan melambaikan tangan sebagai juara. Saya pun pernah di posisi tidak berharga, dipandang dengan sebelah mata, bahkan ditoleh pun tidak.

Saya pernah minum jus buah seharga lima puluh ribu rupiah segelasnya. Saya pun pernah membeli teh botol dengan bertanya terlebih dahulu harganya karena khawatir uang di dompet tidak untuk untuk membayarnya.

Saya pernah naik pesawat Lampung-Jakarta yang hanya 30 menit saja. Saya pun pernah melaluinya dengan kendaraan umum, naik turun dan berganti-ganti kendaraan, dan saya kelelahan dibuatnya.

Saya pernah mendapatkan nasib memegang uang puluhan juta di tangan sebagai hadiah. Saya pun pernah menghitung koin receh untuk sekedar ongkos kuliah.

Saya pernah berada di kondisi ramai, penuh semangat, dan merasa punya guna. Saya pun pernah berada di situasi sepi, sendiri, dan tidak punya arti.

Saya pernah merasakan bahagia, yaitu saat berjumpa dengan kekasih hati. Saya pun pernah merasa sedih yang luar biasa saat sang adik meninggalkan dunia ini.

Saya pernah mempunyai semangat membara-bara dan merasa dunia menyalami tiap langkah. Saya pun pernah merasakan hari tanpa harapan cerah dan seakan-akan dunia tidak memberikan sedikitpun jalannya.

Itulah semua pelajaran hidup agar kita tidak mudah untuk menyerah, tidak mudah terpesona, dan tidak mudah meratapi. Ojo kolokan, ojo gumunan, ojo getunan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s