Institut Ibu Profesional

[Game #5.1] Bukan Sekadar “Bisa” Baca

Ada yang bertanya bagaimana cara mengajari Farras membaca, kok di usia sebelum lima tahun dia sudah lancar membaca. 
Bagi saya, bukan “bisa” membacanya yang penting. Banyak di luar sana banyak anak-anak yang lebih muda umurnya dari Farras yang bisa dan lancar membaca. Sayangnya, kebanyakan orang tua hanya fokus pada kemampuan “bisa” membaca saja. Bahkan lebih fatal lagi, sebagian orang tua punya tujuan mengajari anak membaca agar anak bisa masuk SD dan mereka bisa mengerjakan soal ujian dengan benar. 

Padahal ada hal yang jauh lebih penting dari sekadar “bisa” membaca, yaitu “cinta” baca. Dan ini tidak mudah. Itu juga bukan perkara instan yang bisa diraih dalam satu atau dua hari, satu atau dua bulan. Membangkitkan anak cinta buku itu suatu proses yang tidak singkat, tidak mudah, dan perlu usaha keras untuk meraihnya. Tapi itu bukan suatu yang mustahil. Kita, sebagai orang tua, pasti bisa mencapainya kalau kita punya tekad kuat untuk meraihnya. 

Farras kenal buku sejak kecil. Bahkan saat saya hamil dia, saya sedang berjuang menyelesaikan proposal tesis. Saya kira itu berpengaruh padanya. Saya sendiri suka membaca. Saat dia lahir, saya masih terus membaca. Dia pasti melihat pemandangan itu. Lagi-lagi, saya kira itu punya pengaruh kepadanya. 

Kami terus memberi keluasan padanya untuk berinteraksi dengan buku karena buku-buku kami ada di ruang tamu dan berada di rak yang rendah. Buku anak-anak pun semakin memenuhi rak kami. Itu menjadi kesenangan tersendiri baginya karena dia merasa dipedulikan dan dihargai dengan penyediaan rak khusus buku-bukunya. 

Sebenarnya tantangan Game ke-5 Kelas Bunda Sayang ini bukan hal yang baru untuk kami lakukan karena berkaitan dengan buku (tidak seperti game-game sebelumnya yang bagi saya sangat baru dalam keluarga kami). Tapi bukan berarti ini bukan hal yang menantang karena terkait dengan konsistensi menulis, mencatat, dan mendokumentasikan. 

Saya juga mendapatkan hal baru terkait dunia baca-tulis dalam materi ini, yaitu teknik mendengar dan berbicara yang merupakan bagian integral dalam dunia literasi. Hal lainnya adalah tentang tahap menulis anak yang bagi saya adalah ilmu baru yang harus saya coba praktikkan untuk duo F kami. 

Akhirnya, bismillah kami akan memulai game ini dengan semangat. 
#GameLevel5

#Tantangan10Hari

#KuliahBunSayIIP

#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Leave a Reply

