Mengikat Makna (RBI)

[RBI #6] “Aku Ingin ke Salju”

Begitu kalimat yang diulang-ulangnya setelah membaca buku tentang “Salju.” Nampaknya buku itu sangat menarik dan memenuhi pikirannya.
“Emang tempat salju itu di mana?”

Saya katakan kalau daerah-daerah yang bersalju itu adalah negara-negara yang memiliki empat musim. Itu berada di daerah yang berdekatan dengan kutub utara, bukan di daerah khatulistiwa. 

“kenapa di Indonesia nggak ada salju?”

Karena kita berada di garis lintang 0°. Musim kita juga cuma dua, musim panas dan hujan. Jawab saya. 

“kenapa cuma dua?”

Karena matahari selalu kita lewati sepanjang tahun dengan teratur. Siang dan malam kita pun rata-rata sama, 12 jam, 12 jam. 

“tapi aku ingin ke salju. Aku ingin bermain pakai sepatu yang ada besinya. Aku ingin main seluncuran. Aku ingin membuat boneka salju. Ayo lah bu kita ke sana! Naik apa ke sana? Pesawat tah? Mahal tah baiayanya.”

Tentu saja. Ibu belum punya biaya sebanyak itu kalau mau ke sana. Tapi suatu saat Farras bisa ke sana tanpa biaya. 

“gimana caranya?”

Farras harus pinter secara akademik. Bisa belajar di luar negeri dengan beasiswa kaya bibi Kholish. Farras bisa belajar di negara-negara bersalju, seperti Jepang dan Jerman. 

“di mana Jepang dan Jerman itu bu?”

Maka bergegaslah dia mengambil atlas, buku yang kata dia untuk anak SD. “iya, memang buku itu untuk anak SD,” kata saya. 

“tapi kasih tau aku cara membacanya.”

Leave a Reply

