HE Fawwaz · Mengikat Makna (RBI)

[RBI #13] Bermain Bahan Alam

Hari ini anak-anak bermain tepung. Kalau dalam tema sentra, permainan ini masuk dalam kategori sentra bahan alam. Anak-anak diajak mengenal bahan yang ada di alam, salah satunya tepung. 

Tepung kali ini kami buat menjadi semacam pasir Kinetik. Jadi tekstur tepung kami jadikan lebih padat dan bisa dibentuk, tapi tidak lembek. Bahan yang kami siapkan adalah tepung terigu, baby oil, dan pewarna makanan. Tidak ada takaran pasti. Semua dikira-kira saja. 

Kondisi pertama masih aman. Anak-anak bermain dengan rapi. Farras membentuk tepung menjadi beberapa cetakan mainan. Fawwaz meminta saya membuatkan gunung dan ditambahinya lego bendera. Kondisi kedua juga masih aman. Kondisi ketiga anak-anak mulai bosan dan mengkombinasikan tepung dengan beraneka mainan. 

Dan kondisi terakhir dari permainan ini adalah “kehancuran.” Di kondisi ini, Farras masih anteng dengan bagian tepungnya. Sementara Fawwaz yang lebih aktif sudah menjadikan tepung bagiannya sebagai bedak, sampo, lulur, dan lainnya. Fawwaz juga mencampur tepung dengan air dan mengecapnya di lantai. 

Perbedaan usia memang bisa menjadikan kedua anank ini berbeda kondisi. Tapi saya kira, bukan hanya usia yang menjadi faktor pembeda. Perbedaan respon keduanya didominasi perbedaan karakter dan kepribadian. 

Inilah salah satu pengamatan saya pada mereka. Farras lebih dominan ke visual. Di kelas konvensional dia akan mudah beradaptasi dan bisa dengan mudah mengambil hati guru-guru konvensional. Fawwaz berbeda karena dia dominan kinestetik. Saya jadi membayangkan bagaimana kondisinya nanti kalau sekolah (kalau disekolahkan). Hehehe. 

PR kami adalah menemukan teknik dan metode yang pas bagi si kinestetik ini. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s