Institut Ibu Profesional

[Aliran Rasa] Pe-er Membaca untuk Ibu

Untuk membiasakan anak-anak cinta baca, saya bisa katakan itu hal yang tidak sulit. Anak-anak saya sudah terbiasa dibacakan buku. Bahkan kalau sedang ‘kumat’, saya dilarang mengerjakan apa-apa selain membacakan mereka buku. Tidak cukup satu. Sepuluhpun mereka mampu dan betah. 

Fawwaz pun mengikuti jejak kakanya dalam hal ini. Saya yang tadinya mengira anak ini akan sulit anteng karena dominan kinestetik, rupanya saya salah. Dia betah berlama-lama mendengar saya membaca. Bahkan tadi sore, bersama kakaknya, menirukan saya membaca. 

“ada kuda didorong orang. Kemudian orangnya minum obat.” Begitulah dia mencoba membaca gambar. 

Untuk Farras, dia bahkan sudah bisa membaca mandiri, meskipun untuk memahami teks secara penuh dia masih belum sempurna memahami. 

Justru PR nya ada pada saya. Saya akui, kebiasaan saya membaca menurun drastis. Sebuah kemunduran bagi saya. Saya sadar dan saya coba untuk bangkit. 

Semsesta pun mendukung. Program Ruang Berkarya Ibu-nya IIP Malang Jatsela sedang membuat aturan baru. Yaitu menulis dengan lebih serius. Saya butuh modal dalam pengerjaan projek ini. Modal itu adalah membaca. Dan bacaan saya jatuh pada buku FBE. 

Berat dan terasa membosankan, terutama di bab-bab awal. Tapi saya harus mempertahankannya. Inilah perjuangan saya. 

Semoga awal perjuangan ini bisa saya pertahankan dan kebiasaan membaca saya kembali dengan normal. 

Oya, kabar pohon literasi kami kurus kerontang. Anak-anak rupanya tidak antusias dengan dedaunan atas bacaan mereka. Mereka tetap (di)baca(kan), hanya saja mereka tidak memedulikan badge-badgenya. Tidak apa-apa kan ya. Karena sejatinya tujuan dari materi ini adalah penanaman kebiasaan dan kecintaan pada buku, baca, dan ilmu. 

Leave a Reply

